Kecerdasan Otak Anak


KENALI MULTIPLE INTELLIGENCE 8 sisi kecerdasan otak

        Sering kali orang langsung menilai anak yang mendapat nilai buruk di sekolah, sebagai anak kurang pandai. Terdengar juga orang tua yang merasa gelisah, begitu tahu hasil tes IQ (Intelligency Quotient) anaknya di bawah rata-rata. Sebaiknya para orang tua tak perlu kwatir. Inteligensi sesorang bias ditingkatkan lagi. Ada pendapat sementara dari beberapa pakar, Bahwa pada usia 0-16 tahun sebenarnya IQ dapat ditingkatkan lagi, Pada usia 16-30 tahun cenderung stabil dan di atas 30 tahun, kemampuan menurun. Setiap orang memiliki otak kanan dan otak kiri pada dirinya .otak kanan dan otak kiri sama-sama berkembang tapi di sekolah lebih menonjolkan otak kiri sehingga otak kanan tidak berkembang. Dan ini akan menyulitkan bagi mereka yang kemampuan otak kanannya lebih dominan Anak yang otak kirinya dominan, melakukan pendekatan pemecahan masalah berdasarkan fakta, analisa, perhitungan angka, dan menyatakanya dengan menunjukan fakta disertai urutan logis. Mereka cenderung lebih mampu menghapal dan penurut.

       Sementara anak yang otak kanannya mendominan mendekati persoalan berdasarkan spontanitas apa yang terbesit dalam pikiran, imajinasi, bentuk, suara, dan gerakan.            Kegelisahan orang  tua akan IQ sama dengan orang tua yang menilai kepandaian anaknya melalui hasil tesnya di sekolah. Beberapa pelajaran tertentu sering menjadi standart penilaian kepandaian anak, Mereka yang mampu dalam pelajaran ini akan mendapat predikat “pandai” sementara yang tak mampu akan dikatakna “bodoh”. Nilai-nilai yang bagus dalam bidang olahraga, kesenian dan keterampilan tidak membuat para orang tua menjadi bangga kerena sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa pelajaran-pelajaran ini bukan prioritas
seharusnya para orang tua menyadari tingkat kecerdasan anaknya di bidang itu.Semuamata pelajaran itu menggambarkan variasi keragaman sisi kecerdasan otak. Secara sederhana ada 8 pembagian sisi kecerdasan otak seseorang diantaranya;

1.kecerdasan bahasa(linguistic)
kemampuannya -memiliki keahlian dalam bidang penggunaan kata-kata(tulisan dan lisan) -lebih cepat menangkap materi pelajaran dari guru yang mengajar dengan bertutur didepan kelas -kemampuan bahasa yang tinggi biasanya bias berargumen dengan menarik dan persuatif
bagaimana gaya belajar kecerdasan lingustik?-mengarang puisi,merangkum pelajaran, dan menulis kisah sejarah -suka bercerita panjang lebar -menyukai permainankata-kata -gemar membaca buku -cepat menangkap pelajaran yang disampaikan lewat penuturan.

2. kecrdasan matematis logis apabila anak pandaikemampuan mengunakan nalar secara tepat, berarti ia memiliki kelebihan di bidang matematis logis. Kecerdasan ini lebih banyak mempergunakan belahn otak kiri yang spesisalisasi berpikir rasional.
bagaimana gaya belajar kecerdasan matematis logis-menyukai pelajaran berhitung -mudah memahami cara kerja computer -menjabarkan segala sesuatu secar logis -pandai bermain catur, halma, dan berbagai permainan strategis -cepat memahami pelajaran IPA dan Matematika -suka bereksperimen terhadap suatu hal yang ingin diketahui.

3. kecerdasan spasialDunia spasial mencangkup kepekaan terhadap pemahaman ruang, bentuk, warna dan hubungan antar unsure tersebut.Keahlian ini membuat mereka banyak yang berminat menjadi arsitek, desain, atau pelukis. Anak dengan kecerdasan spasial bias menangkap pelajaran dengan metode mengajar menggunakan alat peraga yang mengakomoda permainan warna dan bentuk didalamnya.anak spasial sering menghias dan mencoret bukunya dengan gambar-ganbar yang mereka sukai aneh memang tapi itulah yang disebut  kreatif, yang terhadang harus keluar dari aturan dan keteraturan.
bagaimana gaya belajar kecerdasan spasial?-menonjol dalam bidang seni -mampu menggambarkan secara visual segala sesuatu yang ia lihat -mudah membaca peta, grafik, dan diagram -menggambar sosok orang atau benda sesuai aslinya -menyukai teka-teki puzzle -terbiasa mencoret-coret di kertas jika jenuh.

 4.Kecerdasan kinestetis jasmani
Anak yang cerdas secara kinestis-jasmani pandai memamfaatkan anggota tubuhnya. Lewat gerakan-gerakan inilah mereka mengekspresiakan perasaan dan keinginan mereka. Michael Jordan, Muhammad Ali,Lionel Messi adalah beberapa tokoh yang berhasil mengembangkan kecerdasan kinestis-jasmani.
bagaimana gaya belajar kecerdasan kinestetis jasmani?-suka menggerak-gerakkan badan di luar sadar -berbakat di bidang olahraga -sangat ingin menyentuh benda yang sedang di pelajari -menikmati gerakan atlentik atau sekedar menontonnya -lebih mampu dalam bidang kerajinan tangan motorik halus -gemar membongkar dan menyusun kembali benda-benda.

5. kecerdasan musicalSeseorang anak dengan kecerdasan musical sangat peka terhadap irama dan music.dengan music, mereka akan memiliki daya tangkap yang optimal terhadap suatu materi pelajaran.
bagaimana gaya belajar kecerdasan musical?- mudah mengikuti melodi lagu -menyukai pelajaran music dan menyanyi -menyukai belajar dengan diiringi dengan music -mudah mengikuti irama music -cepat merespon berbagai jenis nusik.

6. kecerdasan intrapersonal Anak dengan kecerdasan intrapersonal memiliki keahlian memahami suasana hati orang lain. Biasanya anak ini disukai teman-temannya kerenamereka pandai memahami perasaan teman dan pintar member empati. Mereka juga pandai bergaul dan beradaptasi, membuat mereka setahap lebih tangguh dalm menjalani tantangan kehidupan yang nyata akan mereka alami kelak. bagaimana gaya belajar kecerdasan  intrapersonal?-pandai menyenangkan hati seseorang -mampu mengkoordinir dan memimpin teman-temannya -mudah beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru -mudah bersosialisasi dengan lingkungan rumah dan sekolah -suka kegiatan dan permainan kelompok -mampu bersikap netral di tengah pertengkaran antara teman.

7. Kecerdasan interpersonalkecerdasan ini berupa kemampuan anak untuk mengerti dirinya sendiri. Memhami kekurangan dan kelebihan dirinya, kemudian mengambil langkah tepat untuk mengembangkan diri. Keahlian anak untuk mengetahui kekurangan dirinya bahkan bias berkembang pada tahap perbaikan. Kecerdasan ini menyebabkan pemiliknya mudah mengatur dirinya sendiri. Mampu mengelola hati, perasaan, dan pikirannya. Mereka tidak tergantung pada bantuan orang lain, tetapi tidak cukup peduli pada apa yang dialami orang lain.bagaimana gaya belajar kecerdasan interpersonal?-memahami kelebihan dan kekurangan dirinya-lebih suka bekerja sendiri -rasa percaya diri tinggi -berani berbeda dengan orng lain -mampu mengungkapkan perasaan dengan tepat -mampu mengembangkan potensi dirinya.

8.kecerdasan naturalkecerdasan natural memiliki kepekaan yang bagus pada alam sekitar. Mereka pandai mengenali dan mengelompokan makhluk hidup, benda-benda alam, atau benda-benda mati yang ada dilinkungan hidupnya. Anak jenis ini menyukai suasana belajar di bawah pohon, halaman, saung, taman kota, bahkan di tenda perkemahan.
bagaiamana gaya belajar kecerdasan natural?-peka terhadap benda-benda alam -suka memilahara binatang piaraan -suka berkebun -suka bermain dan berkreasi dengan bahan-bahan alam -suka mengumpulkan dan membawa pulang daun, batang pohon, ranting, rumput,atau bunga.
Meningkatkan Pada belahan otak kiri dan kanan manusia terdapat 8 kecerdasan tsb. Hanya saja antara satu orang dengan yang lainnya berbeda, mana yang lebih menonjol. Jika pengetahuan ini bias diketahui lebih dini, kekurangan atau kelebihandari salah satukecerdasan itu dapat ditingkatkan.kecerdasan otak ini tidak berdiri sendiri-sendiri tapi saling melengkapi.@dhiya

sumber:smart kids


Komentar

Postingan populer dari blog ini

panic disorder

AUDIT INTERNAL