Jumat, 02 Desember 2011

CONTOH LAPORAN AUDIT


 Laporan Auditor Independen
No. 120304 JCC FR SA
Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi
P.T. Jembo Cable Company Tbk


Kami telah mengaudit neraca konsolidasi P.T. Jembo Cable Company Tbk dan anak perusahaan tanggal 31 Desember 2003 dan 2002, serta laporan laba rugi, perubahan ekuitas, dan arus kas konsolidasi untuk tahun-tahun yang berakhir pada tanggal tersebut. Laporan keuangan adalah tanggung jawab manajemen Perusahaan. Tanggung jawab kami terletak pada pernyataan pendapat atas laporan keuangan berdasarkan audit kami.

Kami melaksanakan audit berdasarkan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia. Standar tersebut mengharuskan kami merencanakan dan melaksanakan audit agar kami memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material. Suatu audit meliputi pemeriksaan, atas dasar pengujian, bukti-bukti yang mendukung jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Audit juga meliputi penilaian atas prinsip akuntansi yang digunakan dan estimasi signifikan yang dibuat oleh manajemen, serta penilaian terhadap penyajian laporan keuangan secara keseluruhan. Kami yakin bahwa audit kami memberikan dasar memadai untuk menyatakan pendapat.

Menurut pendapat kami, laporan keuangan konsolidasi yang kami sebut di atas menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan P.T. Jembo Cable Company Tbk dan anak perusahaan tanggal 31 Desember 2003 dan 2002, serta hasil usaha, perubahan ekuitas dan arus kas konsolidasi untuk tahun-tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Catatan 37 atas laporan keuangan konsolidasi berisi pengungkapan dampak kondisi ekonomi Indonesia terhadap Perusahaan dan anak perusahaan dimana pada tahun 2003 dan 2002 Perusahaan tidak dapat memenuhi beberapa kewajibannya atas pinjaman yang jatuh tempo sesuai ketentuan. Saat ini Perusahaan sedang melakukan negosiasi untuk menyelesaikan tunggakan tersebut. Rencana dan langkah manajemen Perusahaan dan anak perusahaan untuk mengatasi kondisi tersebut juga diungkapkan dalam Catatan 37. Laporan keuangan konsolidasi terlampir mencakup dampak kondisi ekonomi tersebut, sepanjang hal itu dapat ditentukan dan diperkirakan.



HANS TUANAKOTTA MUSTOFA & HALIM
Drs. Fachruddin Ramli
Izin No. 98.1.0384
12 Maret 2004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar